Sosialisasi Pelayanan Air Minum Bersama Lurah dan Ketua LPMK se-Kota Yogyakarta

JETIS - Pada Hari Jumat, 30 Agustus 2024 Perumda PDAM Tirtamarta mengadakan acara sosialisasi pelayanan air minum bersama Lurah dan Ketua LPMK se-Kota Yogyakarta. Acara dilaksanakan di Grha Tirta, Perumda PDAM Tirtamarta.

Acara sosialisasi dibuka dengan pengarahan tentang kualitas air minum oleh Direktur Utama Perumda PDAM Tirtamarta, Bapak Majiya,S.E.,M.M. Bapak Majiya mengungkapkan bahwa kelayakan Air Bersih dan sanitasi adalah hak seluruh warga negara sesuai dengan Putusan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pemerintah menerbitkan PP No 122 Tahun 2015 tentang SPAM didelegasikan pada Perda DIY no 5 Tahun 2012.

Bagian Tata Pemerintahan juga ikut memberikan pengarahan mengenai pentingnya menggunakan air minum dengan kualitas yang baik. Air bisa menjadi suatu permasalahan jika suatu hari terjadi krisis. Di Kota Yogyakarta pada saat ini membutuhkan lebih dari 5M untuk mendapatkan sumber air tanah yang diakibatkan oleh adanya penurunan air tanah yang terjadi. 

Acara sosialisasi ditutup dengan pengarahan dari Dinas Kesehatan mengenai kulitas air minum PDAM yang sudah baik dan mendapat pengawasan secara internal ataupun eksternal. PBB sudah menetapkan 12 universal goals yang menjadi target nasional dalam sektor kebutuhan air dan sanitasi. Air yang digunakan untuk sehari-hari harus memenuhi baku mutu yang sudah ditetapkan Pemerintah Pusat dalam Permenkes Nomor 2 Tahun 2023.

Selain mendengarkan pengarahan dari pembicara, terdapat juga sesi tanya jawab dengan Lurah dan Ketua LPMK se-Kota Yogyakarta. Dari sesi tersebut banyak kritik, saran dan juga apresiasi yang disampaikan untuk Perumda PDAM Tirtamarta Yogyakarta.

(YY)