Tips Menghemat Tagihan Air

Setiap bulannya Anda pasti dipusingkan oleh masalah tagihan. Biasanya di awal bulan berbagai macam tagihan akan menggerogoti Anda. Mulai dari tagihan listrik, telepon, PDAM, dan aneka tagihan lainnya.

Sebagian orang menganggap tagihan air adalah hal sepele karena harga air yang tidak semahal tagihan lainnya. Namun, Kita harus menyadari hemat air tidak hanya untuk meminimalkan tagihan saja, melainkan juga demi melestarikan lingkungan hidup.

Sekarang air menjadi sebuah sumber daya yang semakin terbatas. Apalagi ditambah dengan faktor-faktor lainnya seperti, sedikitnya daerah resapan air karena semakin sedikitnya hutan dan area resapan, lajunya tingkat pertumbuhan penduduk dunia dan diperburuk dengan tingkat pencemaran pada sumber-sumber air kita. Untuk itulah kita harus memulai untuk melakukan penghematan dalam pemakaian air.

Dahulu, orang banyak memanfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sebab selain airnya masih jernih, sungai juga memberikan Kebaikan Alam secara gratis.

Tetapi saat ini, seiring dengan meningkatnya pencemaran air, kebanyakan dari masyarakat menggunakan air PDAM untuk kegiatan sehari-hari.

Air PDAM dikelola oleh pemerintah, diperoleh dari suatu mata air atau sungai yang kemudian disaring sedemikian rupa hingga layak untuk dikonsumsi oleh pelanggannya. Setiap pelanggan berkewajiban membayar tagihan atas penggunaan air PDAM setiap bulannya.

Setiap tahun tarif PDAM selalu mengalami peningkatan, sehingga tagihan air akan ikut melonjak. Hal yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan biaya air tiap bulannya adalah dengan melakukan gerakan hemat air dalam kehidupan sehari-hari terutama saat di rumah.

Berikut merupakan tips menghemat tagihan air:

  1. Lakukanlah pemeriksaan secara rutin pada kran atau pipa air di rumah Anda. Sebab setetes kebocoran kecil dari pipa air, jika diakumulasikan sama halnya Anda melakukan pemborosan penggunaan air PDAM kurang lebih sebanyak 20 liter setiap harinya.
  2. Melakukan pemeriksaan kebocoran pada toilet atau closet. Jika Anda menggunakan closet duduk, maka berilah sedikit zat warna makanan pada tangki air closet. Perhatikan, jika tidak terjadi pembilasan, warna mulai muncul dalam closet berarti terjadi kebocoran.
  3. Anda dapat hemat air dari kebiasan sederhana yang dilakukan sehari-hari. misalnya mematikan air ketika menyikat gigi, maka Anda akan menghemat 4 liter air permenitnya. Setiap hari menggunakan satu gelas untuk air minum, maka Anda akan mengurangi frekuensi mencuci gelas. Ketika menyiram taman dan halaman rumah, tidak perlu menyiram jalan beraspal sebab hal tersebut merupakan tindakan percuma, bahkan akan memperburuk kondisi aspal.
  4. Batasi waktu mandi Anda, sebab dapat menghemat sekitar 10-15 liter setiap menitnya. Hal tersebut sama halnya mengurangi beban tagihan air Anda.
  5. Sebaiknya menyiram taman rumah pada pagi atau sore hari untuk meminimalkan penguapan.
  6. Jangan gunakan toilet untuk membuang barang-barang seperti tisu wajah, kapas, dan pembalut wanita. Buanglah pada keranjang sampah. Menggunakan toilet untuk pembuangan sampah akan menyebabkan pemborosan penggunaan air.
  7. Bersihkan mobil dengan menggunakan seember air sabun. Gunakan selang hanya untuk membilas, praktek sederhana ini dapat hemat air kurang lebih sebanyak 150 liter air.
Masih terdapat sebagian besar metode hemat air yang dilakukan dengan biaya sedikit. Misalnya, 75% air digunakan untuk kepentingan di kamar mandi, maka jika Anda menghemat penggunaannya 10% kurang lebih Anda telah hemat air sekitar 635 liter perharinya. Secara otomatis akan mengurangi biaya tagihan air pada akhir bulan.

Akhirnya, perlu diingat bahwa melakukan konservasi air di rumah merupakan salah satu langkah termudah untuk hemat air dan pelestariannya.

Sehingga dapat memperpanjang umur sistem septik Anda dengan mengurangi saturasi tanah, dan mengurangi pencemaran akibat kebocoran. Overloading sistem saluran pembuangan kota juga dapat menyebabkan kotoran mengalir ke danau dan sungai. Semakin kecil jumlah air yang mengalir melalui sistem ini, semakin rendah kemungkinan pencemaranya.